Minggu, 17 Januari 2021, melalui aplikasi daring Zoom, Pengurus Daerah (Pengda) RJI Provinsi Sulawesi Tenggara  melakukan pertemuan perdana setelah  melakukan rapat koordinasi  dan membahas pengenalan program-program RJI pusat. Pertemuan ini dipimpin oleh Ketua  Pengda  Sulawesi Tenggara yang baru,  Bapak Fahmi  Gunawan,  yang sebelumnya dipimpin oleh Ibu  Asliah Zaenal,  dan dihadiri oleh dua belas  pengurus inti, termasuk 2 orang representasi dari RJI pusat, yaitu Ibu Zulidyana Rusnalasari sebagai Humas RJI  dan Bapak Arbain sebagai Sekjen RJI. Kedua belas pengurus inti itu berasal dari afiliasi yang berbeda-beda. Ada dari Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara, IAIN Kendari, Universitas Halo Oleo, Universitas Lakidende, Universitas Muhammadiyah, Poltekkes Bina Husada, dan lainnya.

Dalam rapat virtual itu,  Humas  RJI  yang sangat energik ini  memaparkan beberapa program kerja  yang akan dilakukan oleh RJI pusat tahun 2021, seperti  LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi), RJI Academy, dan  PSPI (Pusat Studi Publikasi Ilmiah),  dan selanjutnya akan bekerjasama dengan Pengda Sulawesi Tenggara.  Khusus kegiatan pendampingan baik pendampingan penulisan Karya Tulis Ilmiah,  indeksasi  dan akreditasi diserahkan sepenuhnya kepada Pengda yang berkoordinasi dengan pihak-pihak yang hendak menyelenggarakan kegiatan pendampingan jika dilakukan secara luring di daerahnya. Namun, jika kegiatan pendampingan itu dilakukan secara daring, pihak pemohon dapat langsung berselancar ke website forum RJI sehingga masalah-masalah  yang dihadapi dapat diatasi oleh para tutor yang tergabung di dalamnya.  Demikian pula, pada pertemuan tersebut,  Ketua RJI Provinsi Sulawesi Tenggara mempersilakan para peserta yang hadir untuk  mencermati program-program RJI  pusat dan  “menemukan” passion  masing-masing sehingga tepat dalam menentukan tusi ke depannya.

Selanjutnya pengenalan program RJI pusat ini akan dijadikan acuan bagi penyusunan program RJI Provinsi Sulawesi Tenggara  yang  disesuaikan dengan  kebutuhan daerah. Dari rapat virtual ini,  peserta diharapkan  mendapatkan pemahaman mengenai program-program RJI pusat dan tentunya juga pemahaman mengenai aplikasinya di daerah, sesuai dengan kondisi yang ada.

Di Sulawesi Tenggara sendiri banyak jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh kampus maupun Lembaga/kementerian. Beberapa di antaranya  sudah terakreditasi nasional pada indeks Sinta Kemenristekbrin. Untuk hal itu, perlu adanya  komunikasi dan koordinasi yang baik demi meningkatkan kualitas jurna-jurnal yang ada baik pada aspek akreditasi maupun indeksasi. Untuk itu, Pengurus Daerah provinsi Sulawesi Tenggara  mengupayakan pertemuan lanjutan  dan  pertemuan  rutin dengan seluruh pengelola jurnal di Sulawesi Tenggara.

Kendari, 17-10-2021

 

Heksa Biopsi Puji Hastuti
(Kordinator Keanggotaan dan Kerjasama)

Rapat Koordinasi Pengurus Daerah Rji Provinsi Sulawesi Tenggara

Post navigation