Yogyakarta, 24 Januari 2021. Relawan Jurnal Indonesia menggelar Webinar Amal Lokakarya Jurnal Ilmiah pada Sabtu (23/1/21) sebagai bentuk kepedulian terhadap musibah yang menimpa saudara-saudara kita di Indonesia. Webinar ini diikuti oleh ratusan peserta secara Virtual melalui Zoom dan Channel Youtube. Webinar ini diselenggarakan seharian penuh yang menghadirkan para pakar publikasi ilmiah di Indonesia yang membahas berbagai topik dan kajian tentang publikasi dan hal lain yang berkaitan dengan jurnal ilmiah.

Adapun narasumber tersebut yakni H. M. Tanzil Multazam, M.Kn selaku Ambassador Orcid, Ambassador Crossref, Ambassador DOAJ, dan Ketua Dewan pengawas RJI menyampaikan Etika Publikasi Ilmiah. Ketua Pengurus Pusat RJI, Andri Putra Kesmawan membahas Upgrade Peringkat Akreditasi Jurnal. Arbain, M.Pd selaku Sekretaris Pengurus Pusat RJI membahas mengenai penggunaan perangkat penting dalam penelitian. Eric Kunto Aribowo, MA, selaku Direktur PSPI RJI menyampaikan materi Publish or Perish. Busro, M.Ag selaku Dewan Pengawas RJI dan Tim Pakar IT DOI RJI menyampaikan materi Crossref service DOI dan Crossmark. Dilanjutkan dengan Bapak Heri Nurdiyanto, M.Kom selaku pakar jurnal internasional dengan pokok bahasan Predatory Journal. Sebagai penutup, Dr. Uwes Fatoni dan Cahyo Seftyono, MA secara bergantian menyampaikan materi Penganggaran dana jurnal dan Peran masyarakat akademik terhadap capaian publikasi ilmiah di Indonesia.

Webinar ini dibuka secara resmi oleh Bapak Dr. I Ketut Sudarsana selaku wakil ketua RJI. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa RJI hadir pada Webinar Amal ini dalam rangka belajar bersama serta bentuk kepedulian sosial terhadap saudara kita yang sedang mengalami musibah. I Ketut Sudarsana juga menegaskan bahwa dalam kehidupan bermasyarakat, tentunya manusia harus saling membantu, menghormati, mengasihi kemudian peduli terhadap berbagai macam di sekitar kita. Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa akhir-akhir ini Indonesia sedang dirundung berbagai bencana. Oleh karena itulah kepedulian RJI terpanggil untuk ikut serta di dalam meringankan beban dari saudara-saudara kita pungkas I Ketut Sudarsana.

Seluruh donasi yang terkumpul dari peserta webinar amal ini akan RJI salurkan ke Sulawesi Barat, dan Kalimantan Selatan serta daerah lainnya. Proses penyaluran dilakukan melalui Perwakilan RJI yang ada di daerah-daerah tersebut. Sehingga, harapannya dapat tepat sasaran.

Sampai dengan hari ini 24 Januari 2021 (21.27 WIB) donasi terkumpul sebesar RP10.124.405,00 (Sepuluh juta seratus dua puluh empat ribu empat ratus lima rupiah). Donasi ini akan dibuka terus sampai tanggal 31 Januari 2021. Penyaluran donasi melalui Nomor Rekening berikut: Bank Rakyat Indonesia (BRI) kode bank (002), Nomor 2099-0100-0359-567, atas nama Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia, Sertakan kode unik “16” di nominal akhir jumlah/ nominal transfer, misalnya Rp100.016,- atau Rp. 500.016,-.

Acara Webinar Amal ini masih dapat diakses di Channel Youtube RJI, setelah menonton, silakan mengisi daftar hadir untuk mendapatkan sertifikat pada formulir ini. Sementara itu materi dapat diakses di Zenodo Community RJI .

Ditulis oleh Arbain dan Andri

Versi kurasi, artikel ini sudah terbit di media KR (krjogja.com) dengan Judul Baksos Bencana Alam, RJI gelar webinar amal

Bantu Korban Bencana Alam RJI gelar Webinar Amal

Post navigation