ID. 013-24022018-132015-010-01


Awalnya saya bukanlah orang yang ditugasi oleh kampus untuk mengelola jurnal. Posisi saya di kampus adalah di bagian IT. Saat itu, saya hanya membantu pengelolaan jurnal yang berkaitan dengan IT. Terutama pada saat  kampus  mulai  menggunakan  OJS. Saya membantu mulai dari instal sampai dengan setup OJS. Pada awal instal OJS, saya bahkan belum memahami cara kerjanya. Untuk instal, saya coba googling dan akhirnya tahu sedangkan untuk setup, saya mencoba-coba sambil melihat contoh-contoh OJS dari kampus lain. Setelah OJS terinstal dan ter-setup, saya mencoba untuk mempublish artikel. Tentu saja hanya dengan modal coba-coba. Semua itu masih saya coba di localhost supaya lebih mudah. Setelah berhasil berjalan dengan baik di localhost, OJS langsung saya copy-kan ke server tanpa melalui instalasi di server.

Pada tahun 2016 melalui grup sertifikasi dosen di facebook, saya mendapatkan publikasi acara kongres RJI di Yogyakarta. Saya sampaikan ke kampus agar mengirimkan salah seorang untuk hadir pada acara tersebut supaya bisa belajar tentang tata kelola jurnal. Benar juga, akhirnya kampus mengirim satu orang untuk ikut. Orang tersebut kemudian juga aktif di RJI dan juga termasuk tutor RJI melalui kegiatan ToT pada tahun 2017. Ia juga yang kemudian diberikan tanggung jawab oleh kampus untuk mengelola jurnal. Saya ikut membantu yang berkaitan dengan IT OJS-nya. Suatu hari, pengelola jurnal tersebut meminta saya untuk memodifikasi tampilan OJS agar lebih menarik. Mengingat selama ini tampilannya masih standar. Hal itu menjadi tantangan bagi saya karena sebelum diminta, saya juga sudah berpikir bagaimana supaya tampilannya bisa sebagus OJS kampus lain?! Mulailah selama kurang lebih seminggu, saya modifikasi CSS layout-nya hingga tampilannya lebih baik daripada sebelumnya.

Layout hasil modifikasi saya memang sudah jauh lebih bagus daripada tampilan standar, tetapi ada satu hal yang membuat saya merasa kurang puas. Saya tidak tahu cara menyelesaikannya. Permasalahan itu adalah ketika OJS ditampilkan pada layar yang lebih kecil dari 15’, posisi bagian sidebar menjadi tidak rapi karena menabrak bagian navbar menu. Ketika ada layanan dari RJI untuk customisasi OJS, saya minta kepada pengelola jurnal  untuk  mendaftar.  Setelah  dikerjakan  oleh  RJI,  tampilan  menjadi rapi, baik ketika dibuka di layar besar maupun kecil. Saya tinggal memperbaiki bagian yang masih kurang. Saat ini, saya sudah puas dengan tampilannya. Saya juga mengikuti forum jurnal. Melalui forum tersebut, saya mendapatkan kiat-kiat untuk memodifikasi OJS.

Akhir tahun 2017, saya ditugaskan untuk mengelola OJS. Hal ini karena pengelola sebelumnya sudah tidak lagi berhombase di kampus kami. Saya mulai belajar mengelola jurnal dari pengelola sebelumnya. Setelah memegang sendiri pengelolaan jurnal, saya mengetahui pekerjaan berat seorang pengelola jurnal atau editor jurnal. Beruntung pada saat ini sudah banyak yang berminat untuk mengirimkan artikel ke jurnal kami. Hal itu mungkin karena melihat tampilan yang baik, ketepatan waktu penerbitan, dan adanya beberapa pengindeks jurnal. Hal yang masih cukup sulit adalah mendapatkan reviewer. Ada reviewer yang secara kualifikasi sangat bagus, tetapi tidak segera menyerahkan hasil reviewnya. Mungkin karena jurnal kami masih termasuk baru, masih dipandang sebelah mata oleh reviewer tersebut. Kami juga tidak bisa memberi honor kepada reviewer karena keterbatasan dana yang ada. Kami siasati dengan membuatkan sertifikat sebagai salah satu bentuk penghargaan.

*Penulis adalah peserta TOT Relawan Jurnal Indonesia
Coba-coba Berhadiah

Post navigation