ID. 029-25022018-123622-022-04


urnal merupakan salah satu sarana bagi para peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitiannya. Jurnal yang baik adalah jurnal yang memiliki tata pengelolaan yang baik dari segala bidang, baik dari konten naskah yang dipublish nya dan juga dari proses tata kelolanya. Jurnal terakreditasi nasional ibarat harta yang tidak ternilai jumlahnya bagi setiap jurusan/prodi, universitas atau lembaga lainnya. Sukses tidaknya sebuah jurnal hingga ke jenjang akreditasi nasional dan hingga terindex oleh lembaga internasional ditentukan oleh pengelola jurnal.

Pengelola jurnal memegang peranan penting dalam setiap publikasi jurnal. Pengelola jurnal adalah orang-orang yang namanya tercantum di surat keputusan/surat tugas dari atasan. Pengelola jurnal adalah orang- orang yang namanya tercantum pada halaman khusus di web sebuah jurnal. Pada halaman tersebut tercantum dengan jelas orang-orang yang memegang peranan penting dalam jurnal.

Pada proses tata kelola jurnal tampak jelas sebuah naskah disunting oleh siapa dan di review oleh siapa. Jika ada 10 naskah dalam satu volume terbit dapat dialokasikan terdapat 10 editor yang berperan aktif dalam proses tata kelola. Namun sayangnya, kesuksesan itu tidak lepas dari fitur “Log in as”. Fitur ini memungkinkan seorang yang berotoritas tinggi untuk menggunakan nama orang lain dalam menjalankan tugasnya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa hanya ada beberapa pengelola saja yang berperan aktif dalam proses tata kelola jurnal elektronik sedangkan pengelola lainnya tidak memberikan kontribusi. Jelas saja hal ini berdampak pada overload-nya pekerjaan pengelola aktif yang harus mengerjakan pekerjaan orang lain tanpa diketahui oleh siapapun apalagi orang awam dibidang teknologi informasi akan menganggap bahwa yang bekerja adalah full team.

*Penulis adalah peserta TOT Relawan Jurnal Indonesia
Tanggungjawab Pengelola Jurnal

Post navigation