28 April 2021 – Yogyakarta, Relawan Jurnal Indonesia (RJI) kedatangan tamu dari Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta yang disambut langsung oleh Ketua Pengurus Pusat, Andri Putra Kesmawan, yang didampingi oleh Junior Hendri Wijaya.

Kunjungan STPN ke Kantor Pusat RJI yang berdomisili di Yogyakarta adalah untuk mempererat tali silaturahmi sesama pengelola jurnal dan berkonsultasi mengenai pengajuan akreditasi jurnal menuju Sinta.

“Persoalan terkait jurnal kami yang ingin diajukan akreditas menuju Sinta yaitu Jurnal Tunas Agraria,” ucap Wulan Pujiriyani dalam diskusi (28/04).

“RJI saat ini mempunyai program yaitu #1000JurnalTerakreditasi yang berfokus pada pendampingan jurnal yang ingin mengajukan akreditasi,” jawab Andri selaku Ketua Pengurus Pusat RJI.

“Program ini diterapkan melalui proses supervisi oleh Tim Supervisor RJI secara daring melalui website https://1000jurnalterakreditasi.id/ ataupun secara langsung,” tambah Andri dalam penjelasannya.

“Salah satu syarat penting dalam pengajuan akreditasi ialah harus memiliki Digital Object Identifier (DOI) dan pengurusan DOI bisa melalui RJI,” imbuh Junior.

“Selain pendampingan jurnal menuju akreditasi, jurnal kami juga memerlukan pendampingan indeksasi,” ucap Wulan.

Andri menjelaskan, indeksasi bisa dimulai dari level menengah terlebih dahulu yaitu indeksasi DOAJ dan Dimensions masuk untuk akreditasi.

“Kami berharap pendampingan ini bisa dilakukan secara langsung, dimana nanti kami (STPN) mengundang narasumber dari RJI untuk melakukan pelatihan secara luring kepada para pengelola jurnal di STPN,” tutup Wulan dalam penjelasannya.

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Gandeng RJI Tingkatkan Akreditasi Jurnalnya

Post navigation