RJI Malut Gelar Workshop Literasi Jurnal

Workshop Literasi Jurnal digiatkan kali ini oleh kepengurusan Relawan Jurnal Indonesia Maluku Utara secara daring via zoom meeting pada hari Senin tanggal 09 Mei 2022, mulai Pukul 11.00 hingga 12.30 WIT dengan jumlah peserta sebanyak 24 orang. Workshop ini terbuka untuk umum, namun bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini mesti melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan menggunakan email yang aktif. Seluruh peserta akan diberikan sertifikat yang dapat diakses melalui google drive.

Acara ini dipandu secara langsung oleh salah seorang Pengurus RJI Koordinator Daerah Maluku Utara, Yusmar Yusuf. Materi yang diangkat adalah tentang Copyright and License Agreement dijelaskan oleh Fasilitator RJI, Dr. Aulia Rahmat, S.H.I., M.A.Hk yang juga salah satu akademisi dari Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Sebagai salah satu rangkaian dari acara workshop literasi jurnal, fasilitator menyatakan bahwa copyright and license agreement menjadi penting agar tidak terjadi permasalahan dalam klaim mengklaim atau tuntutan atas pencaplokan karya tulis ilmiah seseorang yang telah dipublikasi.

Workshop dibuka oleh perwakilan PP RJI, Saudara Hendri Junior Wijaya. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan workshop literasi oleh Koordinator RJI Daerah Maluku Utara. Lebih lanjut, ketua bidang SDM di PP RJI ini mengatakan bahwa, salah satu agenda dan proker PP RJI adalah membantu pengelola jurnal di seluruh Indonesia dalam pengelolaan jurnal secara baik. Selain itu, RJI memberikan ruang dan kesempatan untuk bergabung ke dalam program RJI Academy agar menambah softskill terkait perjurnalan.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator RJI Maluku Utara, Ir. Mohammad Jamil, ST., MT, IPM. dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemahaman terkait copyright and license agreement belum sepenuhnya dipahami oleh pengelola jurnal yang ada di provinsi Maluku Utara, karenanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih baik terkait hak dan kewajiban author dan pengelola jurnal. Lebih lanjut disampaikan bahwa RJI Korda Maluku Utara akan terus berupaya menggelar kegiatan-kegiatan literasi jurnal pada kesempatan berikutnya. Di akhir sambutan, Bang Jamil (sapaan akrab ketua Korda RJI Malut) menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada PP RJI yang telah mempercayakan RJI Korda Maluku Utara untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini, memberikan manfaat dalam peningkatan mutu dan kualitas pengelolaan jurnal di Indonesia, khususnya di wilayah Maluku Utara. Amin [ZA]

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on linkedin

Social Media

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
On Key

Most Popular Posts

SEMARAK HUT RJI KE-6

Halo sobat RJI 🙌🏼 Jangan lewatkan kemeriahan dan keseruan acara SEMARAK HUT RJI KE-6 yang akan dilaksanakan pada:📅 : Sabtu, 25 Juni 2022🕑 : 08.00