Kegiatan Perdana, RJI Papua Gelar Workshop Literasi Jurnal “Copyright and License Agreement”

(RJI Papua, 18 April 2022) – Workshop Literasi Jurnal “Copyright and License Agreement” merupakan kegiatan perdana Pengurus Daerah RJI Papua sejak terbentuk di akhir 2021 lalu. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda Pengurus Daerah RJI Papua yang dilaksanakan pada tahun 2022 berdasarkan Surat Edaran Pengurus Pusat Relawan Jurnal Indonesia Nomor C.1/0006/RJI/XI/2021 Tentang Pelaksanaan Workshop/Seminar Literasi Jurnal Tahun 2022. Kegiatan ini dapat dilaksanakan oleh Pengurus Daerah RJI Papua berkat bantuan teknis dari Pengurus Pusat RJI. Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom pada Senin, 18 April 2022 pukul 11.00-13.00 WIT dengan jumlah pendaftar mencapai 166 peserta. Kegiatan ini juga disiarkan langsung melalui akun YouTube Channel RJI. Kegiatan ini terbuka untuk umum. Ruangan zoom dibuka sejak pukul 10.45 WIT dan kegiatan dimulai sesuai jadwal pada pukul 11.00 WIT. Sebagian besar peserta merupakan para pengelola jurnal yang berasal dari berbagai afiliasi di Indonesia. Peserta dapat mengikuti kegiatan setelah melalui tahap pendaftaran dan bergabung ke dalam grup Whatsapp peserta. Seluruh peserta juga memperoleh sertifikat keikutsertaan yang akan dibagikan melalui grup whatsapp peserta.

Ketua panitia pelaksana yang juga Ketua Pengurus Daerah RJI Papua periode 2021-2023, Rachmad Surya Muhandy mengemukakan dalam laporannya bahwa tujuan penyelenggaraan kegiatan ini untuk memberikan pengenalan dan penguatan terkait pengelolaan jurnal ilmiah di Indonesia, baik bagi internal anggota RJI sendiri maupun bagi masyarakat umum. Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu modul program RJI Academy yang termasuk dalam skema registrasi level advance. Ia juga menyampaikan terima kasih atas bantuan dari semua pihak karena kegiatan ini dapat terlaksana meskipun dalam keterbatasan personel Pengda RJI Papua saat ini. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Pengurus Pusat RJI, Andri Putra Kesmawan. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa kegiatan literasi jurnal ini diharapkan menjadi pemantik untuk kegiatan Pengurus Daerah RJI Papua selanjutnya. Setelah ini, Pengurus Daerah RJI Papua dapat mengadakan kegiatan lain di kampus atau di mana saja terkait pengelolaan jurnal ilmiah. Selain itu, ia juga menekankan bahwa literasi jurnal yang dilakukan di daerah harus sinkron dengan program RJI Academy.

Materi yang disajikan pada kesempatan kali ini terkait hak cipta dan lisensi terbuka bagi pengelola jurnal. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Muhamad Ratodi, anggota PSPI Relawan Jurnal Indonesia yang juga adalah Dosen di UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan ini dipandu oleh Ummu Fatimah Ria Lestari, Pengkaji Bahasa dan Sastra Balai Bahasa Provinsi Papua dan Bendahara Pengurus Daerah RJI Papua. Pemaparan materi berjalan lancar dan disertai diskusi narasumber bersama partisipan. Partisipan dapat bertanya secara langsung kepada narasumber dan dapat pula menuliskan pertanyaannya pada kolom obrolan di layar zoom. Dalam pemaparan materinya, Muhamad Ratodi menyampaikan banyak hal terkait hak cipta dan lisensi dalam publikasi ilmiah, salah satunya adalah potret kepemilikan hak cipta dan penggunaan lisensi terbuka pada penerbitan ilmiah di Indonesia. Partisipan tampak antusias dengan pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber. Mereka juga mengapresiasi kegiatan perdana yang diselenggarakan oleh Pengurus Daerah RJI Papua ini. (Ufrl/Rsm)

 

Galeri Acara

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on linkedin

Social Media

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
On Key

Most Popular Posts

Open Recruitment Verifikator Journalstories

Journastories.ai adalah sistem yang menyediakan informasi tentang jurnal, penulis, topik penting untuk manajemen jurnal, dan kolaborasi antara penulis, dan penelitian. Platform ini dibuat sebagai bagian