ID. 000-00000000-000000-081-01


Jurnal yang saya kelola merupakan jurnal di bidang kesehatan lingkungan pada salah satu politeknik negeri di Yogyakarta yang telah terbit sejak tahun 2007. Sampai tahun 2007, jurnal ini masih meng- gunakan media cetak dalam penyebarluasanya kepada pembaca. Saya pertama kali mengenal RJI saat mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh RJI Korda Jateng. Sebagai staf yang paling muda di kampus, saya selalu “didapuk” (ditunjuk) yang berkaitan dengan informatika (IT). Saya mulai tergugah untuk berusaha mencintai tata kelola jurnal dan penulisan artikel. Setelah mendapat pelatihan dari RJI Korda Jateng tersebut saya merasa ada yang ketinggalan jaman di jurnal kami ditengah tuntutan dan perkembangan peraturan Dikti yang semakin ketat. Berawal dari hal itu, kami perlahan mulai melakukan perubahan dengan menginstal OJS dalam situs web kami. Ini merupakan modal awal untuk membangun tata kelola jurnal yang lebih baik sesuai peraturan Dikti.

Awal dari perkembangan beralihnya ke OJS masih banyak yang belum perhatian untuk membangun jurnal online. Kami terus mengadvokasi bahwa kedepanya ini akan menjadi bagian dan tuntutan institusi, bahkan menjadi kebutuhan seorang dosen. Advokasi yang pertama untuk mem- bangun jurnal secara online adalah dengan terus berkomunikasi kepada editor agar tampilan jurnal sesuai dengan DOAJ yang menjadi target pertama saya. Dengan perlahan terus memperbaiki tampilan maupun isi jurnal. Baru pada bulan Oktober 2017, jurnal kami telah terindeks oleh DOAJ, itu merupakan prestasi dan kebanggaan saya sebagai pengelola jurnal. Masuk dalam SINTA S4, sebelumnya juga menjadi penyemangat juga karena pada saat itu baru sedikit jurnal di lingkungan Politeknik negeri bidang kesehatan di Indonesia yang sudah masuk SINTA. Penye- mangat selanjutnya adalah jurnal ini menjadi rujukan di Asosiasi Perguruan Tinggi Kesehatan Lingkungan Indonesia (APTKLI). Walaupun masih banyak kekurangan di dalam jurnal ini.

Kami menyampaikan banyak kebanggaan dan penyemangat dalam mengelola jurnal ini. Karena kalau terus mengeluh mengenai kesulitan dalam mengelola jurnal ini tentunya akan berhenti ditengah jalan. Karena mengelola jurnal itu merupakan passion tersendiri. Target selanjutnya kami adalah menuju jurnal terakreditasi di tahun 2019. Diakhir-akhir ini dengan gencarnya DIKTI dan RJI di lingkungan kampus. Kampus sudah mulai untuk membuka diri dan menyadari betapa pentingnya jurnal online. Ini membuka jalan untuk memudahkan langkah menuju jurnal terakreditasi. Jalan terjal banyak akan dihadapi namun dengan pen- dampingan dari RJI akan memudahkan langkah.

Di penutup tulisan pengalaman mengelola jurnal ini, saya akan menyampikan tidak akan bisa seperti ini perkembangan jurnal di kami tanpa  RJI.  Selama  perkembangan  dari  tahun  2017  bergabung  dengan kegiatan RJI banyak manfaat untuk perkembangan di jurnal kami, dan tentu saja bukan hanya jurnal kami saja, namun seluruh indonesia yang memperoleh manfaat ini. Dengan slogan, “Berbagi, Giatkan Publikasi“ memberikan semangat untuk menjadikan Indonesia tidak tertinggal dari negara lain.

*Penulis adalah peserta TOT Relawan Jurnal Indonesia
Mengikuti Zaman

Post navigation