Kajian Publikasi PSPI Seri 8: Integrasi Data Peer Review di OJS 3.x menggunakan ReviewerCredits

Peer-review adalah proses dimana para ahli di bidang tertentu diundang untuk memberikan evaluasi kritis yang kompeten pada sebuah naskah, produk intelektual peneliti, dan penulis.

Peer Review adalah fase penting dalam proses publikasi untuk Jurnal Ilmiah dan Penerbit, namun terkadang menjadi reviewer masih kurang mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas kinerjanya.

Karena Peer Reviewer bekerja secara gratis, sehingga mereka sering tidak termotivasi untuk memenuhi tenggat waktu yang diharapkan, dan kualitas keseluruhan evaluasi mereka hanya bergantung pada integritas individu dan tidak dapat dievaluasi. Jelas, ini menyebabkan penundaan besar dalam siklus publikasi dan menurunkan efisiensi dan efektivitas.

Kehadiran ReviewerCredits dapat memberikan angin segar bagi reviewer untuk memberikan penghargaan yang berkelanjutan atas kinerjanya. Jelas bahwa Editor Ilmiah, Jurnal dan Penerbit akan mendapat manfaat dari sistem penghargaan yang berkelanjutan untuk Peer Reviewer.

Dengan demikian, Reviewer akan lebih termotivasi untuk menerima undangan dan memberikan laporan yang sangat baik, sementara Editor akan berada dalam posisi untuk memilih Peer Reviewer terbaik dan bukan hanya mereka yang kebetulan tersedia.

Dalam merespon persoalan ini, Pusat Studi Publikasi Ilmiah RJI mengundang seorang Ambassador ReviewerCredits dari Indonesia untuk berdialog dan berdiskusi bersama para pengelola jurnal dan penggiat publikasi ilmiah di Indonesia.

✅ Apa saja keuntungan menggunakan ReviewerCredits?

✅ Bagaimana Integrasi Data Peer Review di OJS 3.x menggunakan ReviewerCredits?

Mari temukan jawabannya pada #PSPIEvent Kajian Publikasi Ilmiah PSPI Seri 8 yang akan diselenggarakan pada:

Hari/tanggal  : Sabtu, 15 Januari 2022 

Waktu   : 09.30 – 12.00 WIB

Tema Kajian : Integrasi Data Peer Review di OJS 3.x menggunakan ReviewerCredits

Narasumber : Darwin H. Pangaribuan

ACARA INI GRATIS, daftarkan diri anda melalui tautan ini: https://forms.gle/Zdq6pFVyzDgEUVfj7 

Mari berdiskusi bersama PSPI, salam publikasi!

Tentang Narasumber

Darwin H. Pangaribuan lulus dari Departemen Agronomi (Ir.), Fakultas Pertanian, IPB University, Indonesia dan Diploma Pascasarjana (Dipl. Eng) Evaluasi Tanah di University of Tweente (UT-ITC), Enschede, Belanda. Ia melanjutkan untuk mendapatkan gelar Master (M.Sc) di bidang Crop Production dari Wageningen University (WU), Belanda. Ia menyelesaikan tesis Ph.D di bidang Hortikultura dari University of Queensland (UQ), Brisbane, Australia. Ia berkesempatan mengikuti short course di Asian Vegetable Research & Develepment Center (AVRDC), University of Kasetsart, Bangkok, Thailand.

Dia adalah Associate Professor di Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung, Bandar Lampung, Indonesia sejak 1986. Dia adalah penulis dan penulis bersama lebih dari 50 artikel ilmiah yang berkaitan dengan produksi dan fisiologi sayuran, manajemen nutrisi terpadu, dan pertanian organik. Minat utamanya sekarang adalah bekerja dengan biostimulan dan nutrisi organik dalam sayuran. Dia telah meninjau lebih dari 100 makalah untuk Jurnal ilmiah yang diindeks dan dia sekarang adalah Pemimpin Redaksi dari Jurnal Pertanian dan Biologi Terapan internasional akses terbuka.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on linkedin

Social Media

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
On Key

Most Popular Posts

Open Recruitment Verifikator Journalstories

Journastories.ai adalah sistem yang menyediakan informasi tentang jurnal, penulis, topik penting untuk manajemen jurnal, dan kolaborasi antara penulis, dan penelitian. Platform ini dibuat sebagai bagian