Yogyakarta, 25 Juni 2021. Sebagai Organisasi Sponsor Crossref (Sponsoring Organization) Relawan Jurnal Indonesia (RJI) berwenang untuk memfasilitasi pengurusan DOI (Digital Object Identifier) di Indonesia dan Asia pada umumnya. Terhitung sejak tahun 2017 hingga informasi ini dirilis, institusi yang urus DOI melalui RJI mencapai 1754 Publisher. Di mana 80 persen nya berasal dari perguruan tinggi. Tidak hanya itu saja, RJI juga memfasilitasi pengurusan layanan crossref lainnya yaitu Similarity Check. Similarity Check merupakan aplikasi untuk cek kesamaan (similaritas) karya ilmiah menggunakan Ithenticate dari Turnitin.

“Institusi yang mengurus DOI melalui RJI dapat mengurus Similarity Check” kata Andri. Selain biaya terjangkau, fitur yang disediakan sangat lengkap. Salahsatunya, pengguna Similarity Check (user master) dapat create akun/ user hingga 2000 user. Sebagaimana telah diketahui biaya Similarity Check terjangkau hanya berkisar 0.75$ atau Rp10.000,- per dokumen. Bahkah gratis 100 dokumen ditahun awal pengurusan. Sementara biaya annual nya sudah ditanggung oleh RJI.

“Bagi perguruan tinggi swasta menengah kebawah saya kira sangat penting dan cocok memiliki aplikasi cek kesamaan (plagiarism check) seperti Similarity Check ini” tambah Andri. Apalagi ini menjadi tuntutan bagi pengelola jurnal yang menerbitkan karya ilmiah di institusnya.

Institusi yang urus DOI melalui RJI dapat urus dengan cara cek eligibility terlebih dahulu, jika memenuhi syarat maka langsung mengisi formulir pengajuan yang telah disediakan Crossref. RJI menyediakan tutorial cara pengurusan Similarity Check di forum diskusi. 

Urus DOI melalui RJI, dapat cek Plagiasi

Post navigation