Membuka Akses ke Indeksasi Scopus: RJI Sukses Gelar Program Pendampingan Jurnal Internasional

Tim dan Peserta PANJI (26/01/2024)

Jum’at, 26 Januari 2024 – Relawan Jurnal Indonesia sukses menyelenggarakan kegiatan pertemuan offline PANJI (Program Pendampingan Pengelolaan Jurnal Internasional). Kegiatan yang diselenggarakan Relawan Jurnal Indonesia menghadirkan 2 narasumber terkemuka dibidangnya yaitu Kukuh Tejomurti S.H., LL.M. dari Jurnal Yustisia Jurnal Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai narasumber utama dan Busro, M.Ag (Dewan pengawas RJI).

Kegiatan dibuka oleh sambutan Dr. Arbain, MPd. yang turut serta mengucapkan selamat kepada jurnal terpilih untuk pendampingan PANJI dari RJI. Dari total lebih dari 177 jurnal yang mendaftar, terpilih 7 jurnal yang mendapatkan pendampingan khusus dari RJI.

Selanjutnya, narasumber pertama yaitu Kukuh Tejomurti S.H., LL.M. menyampaikan materi mengenai “Scopus Indexes: From Zero to Hero”, sementara Busro, M.Ag. memaparkan materi berjudul “Membuka Jalan Menuju Indeksasi Scopus: Panduan untuk Editor dan Penerbit”. Kedua materi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam terkait bagaimana jurnal ilmiah yang diterbitkan dapat terindeks di Scopus, serta langkah-langkah strategis untuk mencapainya. Acara ini kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab oleh peserta PANJI kepada dua narasumber tersebut. 

Salah satu momen paling menarik dalam acara ini adalah sesi tanya jawab, di mana peserta dengan antusias bertanya langsung kepada para narasumber terkait tantangan dan peluang indeksasi Scopus. Hal ini menunjukkan betapa relevannya acara ini bagi para pengelola penerbitan jurnal ilmiah.

Program PANJI RJI dimulai November 2023 – awal tahun 2024 ini telah sukses menjadi wadah bagi para peneliti, editor, dan penerbit jurnal ilmiah untuk mendapatkan pemahaman mendalam terkait indeksasi Scopus. RJI berkomitmen untuk menggelar banyak kegiatan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas jurnal-jurnal di Indonesia.

===

RJI Berbagi, Giatkan Publikasi

Share:

On Key

Most Popular Posts

SOSIALISASI MEMBER DOI AKHIR TAHUN 2023

Dr. Arbain, S.Pd., M.Pd (Ketua Pengurus Pusat Relawan Jurnal Indonesia ) bersama Tri Listyorini, S.Kom., M.Kom. (Narasumber) dan Junior Hendri Wijaya, S.IP., M.IP. selaku Moderator