Enam Tahun berkiprah di Dunia Publikasi, Relawan Jurnal Indonesia adakan Semarak Perayaan Ulang Tahun Istimewa

Yogyakarta – Ulang tahun ke-6 Relawan Jurnal Indonesia (RJI) kali ini akan terasa berbeda. Hal ini bukan hanya karena menyajikan agenda Literasi Jurnal tapi juga akan menampilkan pertunjukan seni dan pembacaan puisi.

Rangkaian acara ‘Semarak RJI ke 6 Tahun’ yang dilaksanakan sehari penuh pada Sabtu (25/06/2022) dan telah sudah disiapkan dengan baik. 

Penanggung Jawab kegiatan, Junior Hendri Wijaya,S.IP.,M.I.P,  mengatakan bahwa acara dilaksanakan secara hybrid offline dan online dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube “Channel RJI”. 

Berbagi, Giatkan Publikasi adalah tagline RJI sekaligus menjadi tema utama acara HUT kali ini yang bertempat di Kantor Pusat RJI, Gamping Kidul, Ambarketawang, Gamping, Kabupaten Sleman.. 

Meski kegiatan ini dihandle oleh Pengurus Pusat, Dewan Pengawas dan 34 Ketua-Ketua Pengurus Daerah,  namun RJI tetap menerima kehadiran seluruh anggota dan pegiat Jurnal di seluruh Nusantara. Diharap dengan kegiatan ini partisipasi pengelola jurnal di Indonesia dalam program RJI Academy akan meningkat dan juga program-program seperti Supervisi Jurnal, dan layanan-layanan RJI lainnya dapat dikenal secara luas bukan hanya di masyarakat akademis, kata Junior.

Semarak HUT RJI ini akan dibuka oleh Andri Putra Kesmawan, Ketua Pengurus Pusat di Kantor RJI, dan akan dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga sore hari. Saat ditanya tentang target kegiatan mas Andri (sapaan akrabnya) mengatakan  bahwa (1) sebisa mungkin kita melakukan muhasabah, introspeksi diri tentang tujuan RJI saat pertama kali dibentuk itu seperti apa. Tujuan RJI dibentuk saat itu sebagai tempat bertanya terkait dengan tata kelola jurnal sekaligus menjadi rumah pagi para pengelola jurnal yang ada di Indonesia, sehingga para pengelola Jurnal tidak merasa sendirian. (2) Diharapkan dengan acara ulang tahun ini para anggota yang tadinya menjauh dapat merapat kembali merapat dan turut berkontribusi bukan hanya terhadap RJI tapi buat seluruh pengelola jurnal yang ada di Indonesia. (3) Dengan ulang tahun ini diharapkan dapat mentrigger/ memotivasi para anggota agar tetap melakukan pendampingan-pendampingan terutama bagi jurnal yang melakukan permohonan pendampingan agar dapat ditangani,  baik itu selaku fasilitator di RJI Academi maupun verifikator di journalstories.

Harapan kita kedepan trend baik, langkah strategis dan niat baik ini dapat terus berjalan dan menyemangati teman-teman untuk terus melakukan pendampingan, ujar Andri.

RJI Pusat telah mengundang seluruh anggota dan pengurus daerah untuk berpartisipasi dalam acara Semarak RJI ke 6 Tahun. Beberapa fasilitator RJI Academy akan meramaikan acara dengan pemaparan metari literasi jurnal yang menjadi kurikulum RJI Acadmy skema Registrasi, semisal Pengenalan Platform Journalstories, Author Contribution, Copyright and Licence Agreement, Artikel Metadata, Reference Tool Manager,  yang kemudian dilanjutkan dengan acara hiburan dari Pengurus Daerah RJI diantaranya Pengda Bali, Pengda Sumatera Utara, Pengda Sumbar dan Pengda Banten.

Semarak HUT kali ini dirangkai dengan pemotongan Tumpeng oleh Ketua Pengurus Pusat, Andri Putra Kesmawan langsung dari Kantor Pusat RJI di Yogyakarta. 

Tak kalah menariknya sesuai schedule, tepat pukul 14.00 WIB ada agenda RJI Award untuk kategori individu, dan pengda yang memiliki kontrubusi aktif dalam kiprah RJI selama ini. Beberapa kategori itu antara lain (a) yang Paling Banyak Unggah Materi di Zenodo Community, (b). Paling Banyak Memberikan Post di forum.relawanjurnal.id (c) Paling Banyak Melakukan Supervisi Jurnal.

Harapannya, dengan adanya workshop literasi jurnal dan RJI Award ini dapat menambah ilmu serta semangat bagi masyarakat umum dan anggota RJI dalam menggiatkan publikasi di Indonesia.

Redaksi: Tim Humas RJI

Zulidyana, Faradila Hasan, Wendi Firnanda

—————-

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on linkedin
On Key

Most Popular Posts

Launching Logo Munas 3 RJI Malang

Musyawarah Nasional (Munas) RJI ketiga (3) tahun 2022 diadakan di Malang, Jawa Timur. Adapun Logo Munas 3.0 RJI memiliki Filosofi. Filosofi sederhana yang diambil dari

SEMARAK HUT RJI KE-6

Halo sobat RJI 🙌🏼 Jangan lewatkan kemeriahan dan keseruan acara SEMARAK HUT RJI KE-6 yang akan dilaksanakan pada:📅 : Sabtu, 25 Juni 2022🕑 : 08.00