Sabtu, 1 Agustus 2020 Relawan Jurnal Indonesia kembali menggelar workshop DOAJ seri ketiga yang diikuti oleh 75 peserta.

Hadir sebagai pemateri adalah Bapak Ikhwan Arief selaku Ambassador dan Editor DOAJ serta Bapak Muhammad Ratodi sebagai Editor DOAJ.

Dipandu oleh Zulidiana D. Rusnalasari, pemateri menyampaikan materi Deposit Policy focus on Sherpa Romeo.

Pemaparan dari Ambassador DOAJ diawali mengenai tugasnya untuk menyampaikan hal-hal penting terkait dengan open akses pada sebuah jurnal.

selain itu, ambasador juga bertugas untuk mengevalusi jurnal-jurnal yang telah terindeks DOAJ.

Selanjutnya, pemateri menyampaikan archiving policy pada Sherpa/Romea yang terbagi kedalam empat warna.

warna hijau dapat mengarsipkan pre-print dan post-print atau versi penerbit/PDF.

Untuk warna biru, pengarsipan dapat dilakukan pada post-print (berupa draft akhir) atau versi penerbit/PDF.

sedangkan warna kuning, pengarsipan digunakan untuk pre-print selanjutnya warna putih, pengarsipan tidak dapat dilakukan.

setelah selesai pemaparan mengenai Sherpa Romeo versi pertama, selanjutnya pemateri menjelaskan beberapa hal terkait dengan S/R versi 2.

Hal-hal mengenai open access, biaya, pemegang hak cipta, penggunaan lisensi dijelaskan secara rinci oleh Bapak ikhwan.

setelah pemaparan dari pemateri, workshop ini dilanjutkan dengan bedah jurnal yang dilakukan oleh bapak Andista Candra Yusro dari Universitas PGRI Madiun.

Pada bedah jurnal tersebut, beberapa jurnal masih mengalami kesalahan pada Hakcipta dan lisensi.

Untuk hak cipta, pengelola jurnal kurang jelas menyampaikan diapa pemegang hak cipta pada jurnal tersebut. Sebagai contoh, jurnal tersebut hak cipta diberikan kepada jurnal namun tidak memiliki informasi bagaimana perjanjian antaraa penulis dan penerbit.

tidak hanya itu, pada lisensi masih banyak jurnal yang memiliki lisensi ganda. sebagai contoh berbedanya lisensi pada halaman website, abstrak dan PDF dokumen artikel tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai DOAJ, Relawan Jurnal Indonesia akan menggelar Kembali Workshop DOAJ seri 4 pada tanggal 8 agustus 2020 dengan tema “Peer-Reviewed Process in Open Access Journal)”.(ABN)

Bahas Sherpa Romeo, Sesi 3 Workshop hadirkan Ambassador DOAJ

Post navigation