Relawan Jurnal Indonesia (RJI) saat ini sedang mengembangkan aplikasi indeksasi jurnal. Indeksasi ini dikembangkan salah satunya bertujuan untuk menghimpun data artikel, data jurnal yang penerbitnya/ institusinya mengurus DOI melalui RJI. Berkaitan dengan proses pengembangan ini, kami mengundang Bapak/Ibu untuk berpartisipasi aktif dan memberikan masukan terkait dengan pengembangan aplikasi indeksasi tersebut. 

KLIK VOTING NAMA INDEKS JURNAL RJI

 

Sebagai perkumpulan relawan yang bergerak dan berkumpul dalam pengelolaan jurnal ilmiah, RJI memandang perlu adanya aggregator yang mempersatukan data penyunting, penulis, reviewer, dan asosiasi dalam sebuah platform. Ke depannya peranan asosiasi sebagai mitra untuk memberikan apresiasi pada jurnal dan artikel. Asosiasi yang dijadikan mitra adalah asosiasi pengelola jurnal dan asosiasi profesi/ keilmuan. Asosiasi Pengelola Jurnal akan mereview jurnal berdasarkan manajemen tata kelola, kebijakan, layanan untuk penulis, dll. sedangkan Asosiasi Keilmuan atau asosiasi Profesi akan menjadi mitra untuk mereview artikel ilmiah yang sesuai dengan subject keilmuan atau profesinya. Dengan indikator kebaruan topik, kelengkapan artikel, dan pencantuman data. Indeksasi ini, tidak bertujuan untuk memberikan peringkat, namun justru memberikan apresiasi seluas-luasnya secara humanis pada pengelola jurnal maupun penulis. Sistem apresiasi berupa badge atau merepresentasikan penghargaan pada suatu artikel atau jurnal.

Terakhir, melalui ini kami mengajak semuanya untuk bergotong royong menyampaikan ide terkait dengan penamaan Indeksasi Jurnal ini.

Usulan Nama Indeksasi Jurnal RJI

Post navigation