Relawan Jurnal Indonesia bekerjasama dengan Mendeley Advisor Indonesia sukses menggelar acara sesi pertama One Day about Mendeley dengan topik Dasar-dasar Mendeley. Kegiatan yang menghadirkan Rachel brennesholtz selaku perwakilan Elsevier ini disaksikan oleh 4.666 penonton dan hingga berita ini diturunkan sudah ada 17.707 viewers melalui Channel Youtube RJI.
Acara ini diawali oleh sambutan yang disampaikan oleh Arbain selaku Sekretaris Pengurus Pusat RJI. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa RJI terus berkomitmen memberi kontribusi pada dunia publikasi melalui kegiatan gratis setiap minggunya. Selanjutnya, pada sesi 2 kegiatan One Day about Mendeley ini akan dilaksanakan pada hari sabtu, 20 Juni 2020 dengan menyampaikan materi tingkat mahir. Terakhir, pada hari sabtu, 20 Juni 2020 adalah sesi ketiga mengupas mengenai penggunaan Mendeley tingkat mahir lanjutan.
Narasumber pertama diawali oleh pemaparan Bapak Agus Setiawan yang menyampaikan materi instalasi Mendeley pada Macbook. Selanjutnya, Bapak Muhammad Irfan menyampaikan materi instalasi Mendeley pada Windows.
Pada materi berikutnya mengenai impor referensi, enam orang Mendeley Advisor secara bergantian memaparkan penggunakan Mendeley melalui Mendeley database, web importer, Google book dan google scholar, Bibtext dan XML, DOI look-up, science direct, scopus serta worldcat. Narasumber pada bagian ini adalah Budi Setiawan, Muhammad Resha, Helmi, Muhammad Azmi, Rahmad Abdillah dan Arbain.
Pembicara berikutnya adalah Bapak Nuskhan Abid dan Ibu Intan Gumilang yang memaparkan materi How to manage Reference secara bergantian. Membuat folder, subfolder, menemukan duplikasi, serta merger dokumen adalah materi yang disampaikan ibu Intan Gumilang. Selanjutnya, Bapak Nuskhan Abid menjelaskan mengenai Mendeley tag-filter.
Beranjak ke materi berikutnya, citation dan bibliography dikupas secara tuntas oleh Ibu misbah dan Bapak Abd Rajab. Pada kegiatan yang banyak melakukan praktek ini, Kedua pemateri menunjukkan bagaimana mengutip dan memperbaikinya serta bagaimana menggunakan berbagai jenis kutipan tersebut.
Tidak kalah penting terkait dengan penggunaan Mendeley, Bapak Muhammad Yunus mempraktekkan materi PDF anotasi. Hal ini berguna untuk membuat kutipan serta memberi catatan pada dokumen menggunakan PDF viewer.
Sebagai penutup, Rachel brennesholtz selaku perwakilan Elsevier mengucapkan terima kasih kepada RJI dan seluruh Mendeley Advisor Indonesia atas terlaksananya kegiatan hari ini serta kegiatan lain yang telah dilaksanakan ditengah Pandemi ini. Rachel menyampaikan ditahun 2020 ini sudah ada penambahan sebanyak 175 advisor dan 6816 peserta yang mengikuti kegiatan Mendeley. Dengan adanya kegiatan positif seperti ini, Rachel berharap seluruh Mendeley Advisor dapatmembantu kemajuan Pendidikan di Indonesia. (ABN)

Sukses, Sesi 1 Webinar One Day about Mendeley RJI bersama dengan Mendeley Advisor Indonesia

Post navigation