Sebagai lanjutan dari kegiatan One Day about Mendeley, pada sabtu, 20 Juni 2020 Relawan Jurnal Indonesia bekerjasama  dengan Mendeley Avisor Indonesia Kembali menggelar webinar mengenai Mendeley untuk tingkat mahir.

Kegiatan yang dibuka oleh Gaby Appleton selaku Managing Director for Mendeley and Researcher Products at Elsevier ini disaksikan oleh 8.009 viewers melalui Channel Youtube RJI.

Narasumber pertama pada kegiatan ini adalah bapak Jaenal Arifin S.T., M.Eng yang menyampaikan materi Mendeley Web. Pemateri menyampaikan bahwa dengan menggunakan Mendeley web, kita tidak perlu menginstal program nya serta dapat digunakan dikomputer manapun.

Lanjutan materi berikutnya disampaikan oleh Bapak Asep Erlan Maulana yang menyampaian penggunaan Mendeley pada IOS dan android. Narasumber juga menyampaikan bahwa kita harus sudah melakukan registrasi atau sudah memiliki akun Mendeley. Salah satu keuntungan dari aplikasi Mendeley pada handphone kita yaitu sebagai PDF reader. Kita dapat memantau seluruh Pustaka yang kita miliki melalui handphone serta memperbaharuinya dengan melakukan sinkronisasi.

Melanjutkan materi mengenai IOS dan android, Ibu Dora Dayu Rahma Turista dan Bapak Putu Sukma Kurniawan memyamaikan materi Berkolaborasi dengan Mendeley. Narasumber menyampaikan bahwa terdapat tiga jenis pilihandalam membuat grup. Pertama yaitu public, artinya siapapun dapat mengakses seluruh aktivitas pada grup yang kita buat, baik itu dokumen maupun komentarnya. Selanjurnya yaitu invite only, artinya hanya anggota yang dapat menambahkan, mengedit serta melakukan komentar didalam grup serta seluruh aktivitas dikendalikan oleh admin. Terakhir yaitu private, jenis ini tidak dapat terlihat oleh public serta hanya untuk anggota yang diundang.

Tidak kalah penting dari materi sebelumnya, Bapak Ainul Rafiq melanjutkan sesi berikutnya dengan menyampaikan materi Mendeley Profile. Pemateri menegaskan bahwa terdapat tiga fungsi utama Mendeley Profil tersebut yaitu sebagai alat monitoring publikasi ilmiah, mudah berkomunikasi sesuai dengan bidang ilmu serta minat komunitas ilmiah dan berbagi publikasi yang kita miliki.

Berlanjut ke narasumber berikutnya, Ibu Laila Fitria menyampaikan materi mengenai Mendeley Forum dan Mendeley Jurnal Indonesia. Dalam pemaparannya, narasumber menjelaskan bagaimana menghubungi pihak Mendeley jika kita mengalami masalah pada penggunaan aplikasi ini. Berbagai falisilitas telah disiapkan Mendeley untuk berkomunikasi seperti Email, Twitter, Facebook serta forum yang ada di Mendeley.

Sebagai penutup, Bapak Oris Krianto Sulaiman menyampaikan mengenai Mendeley Reference Manager. Narasumber menuturkan bahwa ada beberapa persyaratan dalam instalasi produk terbaru Mendeley ini, salah satunya adalah spesifikasi 64 bit untuk Komputer kita. (ABN)

Sesi 2 One Day about Mendeley Bahas Penggunaan Mendeley tingkat Mahir

Post navigation