Sabtu, 5 september 2020 RJI kembali menggelar webinar dengan topik ” One Day All about Mendeley”.

Acara yang di pandu oleh Bapak Arbain ini dihadiri oleh enam orang Mendeley Advisor yaitu Bapak Helmi Suyanto (UIN Walisongo Semarang), M Fauziddin (UP Tuanku Tambusai Kampar), Busro (UIN Sunan Gunung Djati), Eko Wahyu NS (UIN Antasari), Indrya M (IAIN Syekh Nurjati) dan Faizal Risdoanto (IAIN Salatiga).

Materi pertama disampaikan oleh Bapak Helmi Suyanto mengenai pengenalan antarmuka Mendeley. Beliau mengenalkan komponen-komponen penting dalam Mendeley seperti Mendeley Desktop, Mendeley Web dan Web importer.

pada materi kedua, Bapak Fauziddin menyampaikan masalah yang sering terjadi dalam instalasi Mendeley seperti Mendeley plugin yang tidak muncul. selanjutnya beliau memberikan contoh bagaimana cara mengatasinya.

Materi ke empat, Bapak Busro menyampaikan penggunaan web importer. beliau mencontohkannya dengan mengunjungi beberapa website seperti science direct dan google scholar. selanjutnya, untuk edit CSL (style) beliau memberi contoh bagaimana kita dapat membuat style pustaka sendiri.

Pemateri keempat, Bapak Eko Wahyu menyampaikan pentingnya penggunaan anotasi dan highlighting pada mendeley. Dengan menggunakan fitur tersebut, seorang penulis dapat menggunakannnya sebagai PDF viewer dan membuat catatan langsung pada dokumen yang ingin kita kutip.

pemateri kelima, ibu Indrya menyampaikan pentingnya pengecekan data yang sudah kita unduh. pastikan seluruh informasi pustaka sesuai dengan metadata. Selanjutnya, pemateri menyampaikan bahwa pengguna mendeley dapat terhubung seperti membuat grup sendiri untuk rekan riset atau mahasiswanya.

Pemateri terakhir, Bapak Faizal menyampaikan fitur Mendeley funding yang dapat dimanfaatkan oleh peneliti di indonesia. Kita dapat mencari sendiri jenis hinbah yang kita inginkan sesuai dengan kriteria. beliau mencontohnya pencarian hibah dalam bidang linguistik.

Diakhrir acara, Bapak Arbain mewakili pengurus pusat RJI menyampaikan bahwa RJI akan terus berkomitmen untuk membantu pengelolaan jurnal serta publikasi di indonesia. kegiatan ini akan terus rutin dilakukan setiap minggubaik dilaksanakan pengurus pusat maupun daerah.

Untuk dapat mengetahui lebih jauh materi mengenai tata kelola jurnal, Bapak/Ibu dapat mengunjungi kanal youtube RJI serta forum Relalawan jurnal indonesia https://forum.relawanjurnal.id/. (ABN)

RJI sukes gelar webinar one day all about Mendeley

Post navigation