Yogyakarta, 24 Juli 2020

Relawan Jurnal Indonesia (RJI) terhitung sejak 1 Juli 2020 telah resmi menjadi Member Orcid. Bergabungnya RJI menjadi Member Orcid menegaskan bahwa RJI mulai konsentrasi untuk melebarkan jangkauannya ke kancah internasional. Sehingga melalui orcid, international networking RJI diharapkan dapat tersusun dengan baik. Harapannya ke depan dapat terwujud kerjasama-kerjasama yang baik dan bermanfaat terutama kepada anggota RJI, umumnya bagi masyarakat akademik di Indonesia.

“Ada tujuan tertentu RJI menjadi Member Orcid, salah satunya untuk mendukung upaya pembuatan indeksasi jurnal yang saat ini sedang dibangun” ujar Andri. Indeksasi Jurnal RJI yang saat ini sedang dikerjakan sudah mencapai kira-kira lima puluh persen, direncanakan pertengahan Agustus 2020 akan dikenalkan untuk publik. “Semakin cepat lebih baik, agar dapat dimanfaatkan bagi ekosistem penelitian, staakeholders dan pengelola jurnal yang ada di Indonesia” tegas Andri.

Selain Orcid, seperti yang telah diketahui bahwa sebelumnya RJI mendapat tiket sebagai sponsoring organisasi Crossref sejak tahun 2017. Sampai dengan Juli 2020, sudah ada 1160 Insitusi sebagai Sponsored Membernya RJI. Ini merupakan capaian luar biasa. Komitmen RJI untuk terus menjadi organisasi yang core nya di pendampingan jurnal akan terus ditingkatkan, terutama bagi institusi yang mengurus layanan DOI melalui RJI. Ketua Pengurus Pusat Relawan Jurnal Indonesia, Andri Putra Kesmawan, menyampaikan bahwa “Terkait dengan Lokakarya DOI, RJI sudah menyediakan slot acara sampai akhir tahun 2020 bagi institusi yang mengurus DOI melalui RJI, ini dapat dimanfaatkan untuk pendampingan secara daring”.

RJI itu sendiri mengajak seluruh Anggota RJI untuk memiliki id orcid atau ORCID ID. Sehingga rekam jejak publikasi kita sebagai peneliti dapat terdokumentasi dan dikelola dengan baik melalui penggunaan Orcid. Juga mengajak institusi untuk mengurus DOI melalui RJI.

 

RJI resmi member ORCID

Post navigation


Leave a Reply