Berkenaan dengan mewabahnya Virus Corona (COVID-19) di berbagai wilayah Indonesia, beberapa penyelenggara pendidikan mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi mengeluarkan edaran mengenai tidak adanya proses belajar mengajar dikelas. Sebagai gantinya, edaran tersebut menyebutkan proses belajar mengajar dapat digantikan secara daring.

Relawan Jurnal Indonesia sebagai salah satu organisasi besar selama ini telah melaksanakan proses pembelajaran secara daring sejak januari 2020 dengan program andalan “Belajar OJS” yang dilaksanakan setiap hari selasa pukul 10.00 WIB.

Untuk memberikan informasi terkait pembelajaran daring kepada selurus tenaga pendidik di Indonesia, RJI menyelenggarakan webinar  Aplikasi Gratis Pembelajaran Jarah Jauh (PJJ) dengan menghadirkan Eric Kunto Aribowo, MA (Universitas Widyadharma Klaten, Pusat Studi Publikasi Ilmiah RJI) dan Fenny Supriadi, SE, MM (Universitas Muhammadiyah Pontianak, Pengurus Daerah RJI Kalimantan Barat) pada sabtu, 14 maret 2020 pukul 10.00 WIB.

Dipandu oleh Arbain,S.Pd., M.Pd (UWGM Samarinda, Sekretaris Pengurus Pusat RJI), narasumber pertama menyampaikan penggunaan aplikasi Zoom, Google meet, dan webex sebagai sarana pembelajaran interaktif secara langsung. selanjutnya, penggunakaan Screencastify dan Loom dapat digunakan untuk merekam pembelajaran. tidak hanya itu, Aplikasi Penunjang lainnya seperti GoogleDrive, Onedrive, Box, Dropbox dan Wakelet dapat digunakan untuk membagikan bahan ajar. Terakhir Bapak  Eric Kunto Aribowo menyampaikan perangkat lunak seperti Kahoot!, Quizizz, dan GoogleForm dapat digunakan untuk melakukan tes, kuis, atau asesmen.

Di sesi kedua, Narasumber menyampaikan materi mengenai LMS (Learning Management System) yang merupakan software atau perangkat lunak sebagai sarana untuk pembelajaran berbasis online. selanjutnya Bapak Fenny Supriadi menyampaikan 4 (empat) platform LMS yang saat ini banyak digunakan dan dipandang terbaik untuk kelas virtual antara lain: Google Classroom, Schoology, Edmodo, Moodle. untuk mengoptimalkan proses pembelajaran tersebut, pemateri menyampaikan pentingnya membuat RPO (Rencana Pembelajaran Online) meliputi; Deskripsi Mata Kuliah, Membuat Capaian Pembelajaran, Pokok Bahasan, Sumber Gambar, Sumber Video dan kuis. Terakhir, sebagai bahan assesment pemateri menyampaikan bahwa tenaga pendidik dapat menggunakan aplikasi Socrative teacher, Google quiz, dan Kahoot.

Dengan adanya webinar ini Relawan Jurnal Indonesia berharap tenaga pendidik di seluruh indonesia dapat memanfaatkan sarana belajar mengajar secara daring dengan gratis.(abn) unduh materi: https://s.id/menyiapkan-pembelajaran-daring & http://fennisupriadi.com/emodulefenni.pptx

RJI Gelar Webinar Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Gratis

Post navigation