Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Magelang (UM Magelang) bekerja sama dengan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Korda Jawa Tengah mengadakan workshop Asistensi Upgrade Peringkat Sinta Sabtu (3/8) di aula rektorat lantai 3 kampus 2 UM Magelang.

Kegiatan yang diikuti 30 editor jurnal universitas baik dari UM Magelang maupun eksternal ini menghadirkan empat narasumber dari RJI. Yakni Helmi Suyanto (UIN Walisongo Semarang), Ustad Mangkualam (Unnes Semarang) Atsani Wulansari, S.S., M.Hum (Untidar) dan Susilo Restu Wahyu, S. Kom (STIKES Cendekia Kudus).

Sinta merupakan portal yang mewadahi hasil penelitian dosen yang sudah dipublikasikan secara online dan gencar-gencarnya didongkrak oleh pemerintah.

“Dalam workshop ini, selain mendapat materi, para peserta juga dilatih secara langsung oleh tutor tentang tata cara upgrade Sinta,” ujar Zulfikar Bagus Pambuko, SEI., MEI, ketua panitia sembari menambahkan asistensi Sinta ini dibagi menjadi dua tema besar yaitu bedah jurnal dan pengisian borang akreditasi jurnal via Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna).
Sementara itu, Helmi dalam pemaparannya menjelaskan tentang tips dan trik menembus Sinta. “Yang pertama harus dilakukan adalah kita baca dan pahami poin-poin penilaian dalam Arjuna. Kemudian jadikan poin penilaian tersebut sebagai acuan standar dalam pengelolaan jurnal,” jelasnya.

Di akhir sesi, narasumber terjun langsung untuk melihat jurnal masing-masing peserta dan mempersilakan peserta untuk berkonsultasi terkait jurnalnya.

Pelatihan Upgrade Peringkat Sinta

Post navigation