Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bekerjasama dengan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Jawa Tengah Gelar Workshop Asistensi Peringkat SINTA Sabtu (22/6/2019) di Aula Teknik lantai 5 UMP.

Hadir Ketua Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP) Dr Sriyanto, M.Pd, Bendahara RJI JATENG Yuni Afiyani dan Tutor RJI Jateng ini diikuti sedikitnya 35 peserta.

Bendahara RJI Jateng Yuni Afiyani menuturkan target dari kegiatan ini,

“Kita ingin Jurnal yang ada di wilayah Jateng bisa ter-Akreditasi,” ungkapnya.

Meskipun, lanjut Yuni, tema workshop meningkatkan peringkat SINTA namun tidak menuntut peserta yang jurnalnya belum submit.

“Wujud kegiatan ini adalah pendampingan bagi jurnal yang baik sudah terakreditasi maupun yang belum terakreditasi untuk meningkatkan kualitas maupun konten dan pengelolaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Yuni mengatakan, kemristekdikti menargetkan selama 2 tahun ada 70 ribu jurnal yang  takreditasi, untuk akreditasi saat ini meningkat menjadi peringkat 1.

“Ini memberikan peluang bagi  jurnal peserta agar bisa terakreditasi dari peringkat 1 sampai 6 jadi ini kesempatan yang sangat besar bagi peserta agar meningkatkan kualitas jurnal,” katanya.

Sementara itu, Ketua LPIP UMP Dr Sriyanto MPd menyampaikan bahwa di UMP berbeda dengan Lembaga Publikasi ilmiah lainnya. Kalau di yang lain itu ada Lembaga Publikasi Penerbitan Ilmiah (LPPI), UMP berbeda yaitu LPIP.

“LPIP mengelola tentang jurnal yang terpusat, coaching clinic script dengan tujuan memberikan gambaran jelas structure paper sebelum di publis dan juga membawahi penerbitan UMP PRESS,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sriyanto berharap output dari kegiatan tersebut menjadikan jurnal lebih baik dalam pengelolaan, design, konten dan peringkap sinta.(spj)

“Tim kita pun siap jika nanti menjadi prototipe untuk dibedah. Kami berharap paling tidak kegiatan ini ada outputnya dengan perubahan yang baik dalam pengelolaan,” pungkasnya.

LPIP UMP Terus Tingkatkan Kualitas Jurnal Terakreditasi

Post navigation