Pendahuluan

Relawan Jurnal Indonesia (RJI) hadir atas inisiatif salah satu pengelola jurnal di Yogyakarta dan pengelola jurnal lainnya di daerah-daerah lainnya seperti, Bandung, Makasar, Sumatera Selatan, dan Jawa Timur serta daerah-daerah lainnya. RJI adalah gerakan kerelawanan yang dengan sukarela memberikan sumbangsih pemikiran dan tenaga terkait pengelolaan jurnal elektronik kepada pengelola jurnal lain di perguruan tinggi, badan penelitian dan lainnya di seluruh Indonesia tanpa membeda-bedakan dan tanpa mengkotak-kotakkan.

Lahirnya ide RJI awal Juni 2016, setelah itu dibentuklah tim kecil untuk merumuskan, memperkuat dan mempersatukan gagasan. Mulai dari membuat tagline “berbagi giatkan publikasi, Logo serta landasan organisasi yakni Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Pengesahan RJI dilaksanakan di Yogyakarta, melalui acara Musyawarah Nasional (Munas) ke 1 tanggal 6-7 Desember 2016. Tanggal 3 April 2017 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia mengeluarkan keputusan tentang Pengesahan Pendirian Berbadan Hukum Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia nomor AHU-005712.AH.01.07.TAHUN 2017. Melalui keputusan ini, sah Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia menjadi sebuah badan hukum yang tunduk terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Setidaknya ada dua mengapa kami membentuk RJI. Pertama, membantu pengelolaan jurnal di Indonesia. Kedua, menjadi tempat bertanya bagi pengelola jurnal di Indonesia. Secara umum tujuan RJI yakni:

“Organisasi nirlaba yang memberikan sumbangsih pemikiran dan tenaga untuk pengembangan publikasi ilmiah di Indonesia pada khususnya dan di dunia pada umumnya”

LOGO

Penggunaan Logo RJI diatur dalam ketentuan berikut ini

Adapun kegiatan RJI adalah:

  • Melakukan asistensi terhadap  pengelolaan publikasi ilmiah di Indonesia pada khususnya dan di dunia pada umumnya;
  • Menyelenggarakan pendidikan nonformal serta Lembaga Sertifikasi Profesi;
  • Menyelenggarakan Pusat Studi Publikasi Ilmiah;
  • Membangun dan memperkuat jaringan untuk pengembangan kemandirian dan profesionalisme perkumpulan.

Kegiatan RJI dapat dilihat di sini 

Badan Hukum 

Susunan Organisasi

Pengurus Pusat

Dewan Pengawas

Pengurus Daerah

 

Anggota

Penjaringan anggota Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia secara khusus terbagi menjadi dua yakni 1) rekrutmen anggota baru; dan 2) pendataan anggota lama. Pendataan Anggota Lama merupakan anggota RJI yang telah mengikuti Training of Trainer (ToT) tahun 2017-2019 dan Pengurus Daerah yang tercantum dalam Surat Keputusan (SK) periode tahun 2017-2019 serta Pengurus Pusat 2017-2019. Sementara itu, rekrutmen anggota baru diatur di sini.

Hak Anggota

  1. Mendapatkan kartu anggota Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) yang dikeluarkan oleh Pengurus Pusat secara bertahap sesuai dengan kesiapan data;
  2. Mendapatkan akun resmi pada forum diskusi Perkumpulan;
  3. Menyampaikan pendapat, saran, kritik dan aspirasi secara lisan dan tulisan, melalui email resmi perkumpulan;
  4. Memilih dan dipilih dalam pemilihan kepengurusan;
  5. Mendapatkan informasi kegiatan dari Pengurus Pusat pada portal resmi perkumpulan;
  6. Terlibat dalam kegiatan yang diadakan oleh Pengurus Pusat dan/atau daerahnya sesuai dengan ketentuan peraturan perkumpulan;

Kewajiban Anggota

  1. Mentaati AD/ART, Peraturan perkumpulan, serta peraturan perundangan yang berlaku;
  2. Menjaga nama baik dan etika organisasi Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) di manapun berada;
  3. Menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) yang diberikan oleh Pengurus Pusat;
  4. Membantu pengelolaan publikasi ilmiah minimal pada institusinya masing-masing;
  5. Melaksanakan segala Keputusan yang telah diambil dalam Musyawarah Nasional dan/atau Musyawarah daerah dan keputusan-keputusan yang dibuat oleh Pengurus Pusat;
  6. Mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia (RJI);
  7. Menggunggah material presentasi di https://zenodo.org/communities/rji/ setiap saat ketika ditugaskan untuk menjadi narasumber.
  8. Menulis artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal publetter.id yang dikelola oleh Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) minimal satu kali setahun.
  9. Mengikuti  Pendidikan, Pelayanan dan Pendampingan di lingkup Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia (RJI).
  10. Melaksanakan penugasan untuk menjadi Narasumber yang diberikan oleh Pengurus Pusat Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia (RJI).

Berakhirnya Keanggotaan

  1. Berakhirnya keanggotaan perkumpulan diputuskan oleh Ketua Pengurus Pusat Bersama-sama dengan Dewan Pengawas berdasarkan pada Pasal 8 angka dua (2) Anggaran Dasar Perkumpulan.
  2. Keanggotan perkumpulan berakhir apabila:
  3. Meninggal Dunia;
  4. Mengundurkan diri;
  5. Diberhentikan;
  6. Melakukan tindak pidana dengan ancaman maksimal hukuman tiga (3) tahun penjara; atau
  7. Melanggar Peraturan Perkumpulan.

Anggota Relawan Jurnal Indonesia yang terlibat dalam komunitas internasional

Panduan/ Pedoman Organisasi lainnya ada di sini

 

Update 23 Mei 2020