Selasa, 11 Februari 2020, Relawan Jurnal Indonesia (RJI) melaksanakan kegiatan rutin Belajar OJS dengan memanfaatkan aplikasi belajar Zoom. Pada kesempatan kali ini, Arbain, S.Pd., M.Pd selaku moderator membuka acara yang diisi oleh Busro, S.Ud., M.Ag. Selain menggunakan aplikasi zoom, kegiatan belajar bersama ini bisa diikuti langsung melalui akun Youtube milik Relawan Jurnal Indonesia (RJI) dan halaman Facebook.

Peserta yang tergabung dalam kegiatan kali ini berasal dari seluruh Indonesia yang merupakan pengelola jurnal, dosen dan mahasiswa. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan belajar OJS melalui aplikasi ZOOM adalah lebih dari 100 orang, belum lagi peserta yang langsung menonton secara daring melalui akun Youtube dan Facebook RJI. Selain menyaksikan melalui laptop atau handphone sendiri, kegiatan ini juga disaksikan secara bersama-sama pada beberapa institusi seperti yang dilakukan oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Universitas PerjuanganTasikmalaya.

Gambar suasana nobar di Universitas PerjuanganTasikmalaya.

Pemateri yang juga merupakan salah satu pendiri RJI ini menyampaikan materi belajar OJS dengan durasi dua jam. Penyaji memfokuskan materi pada demo pengisian evaluasi diri melalui akun ARJUNA dengan mengambil contoh dari salah satu yang beliau kelola. yang beliau kelola. Busro mengatakan bahwa“Belajar mengenai akreditasi, artinya belajar juga tentang borang akreditasi jurnal”. Metode belajar dengan cara demo langsung ini dinilai cukup efektif dalam memberikan gambaran mengenal hal-hal yang perlu disiapkan untuk melakukan akreditasi jurnal melalui ARJUNA.

Kegiatan belajar OJS ini disambut sangat antusias oleh peserta belajar. Lebih dari sepuluh pertanyaan masuk disertai dengan kegiatan tanya-jawab antara narasumber dengan peserta.

RJI secara rutin mengadakan kegiatan Belajar OJS secara gratis via ZOOM dan LIVE melalui akun Youtube RJI setiap hari selasa dengan menyediakan narasumber-narasumber yang berpengalaman. Untuk bergabung dalam kegiatan belajar OJS secara gratis, dapat mengikuti sosial media RJI di halaman Facebook, Youtube, dan Instagram.

Sukses, Ratusan Pengelola Jurnal ikuti Lokakarya Daring RJI

Post navigation