Ratusan peserta mengikuti program rutin Belajar OJS pada aplikasi zoom maupun kanal Youtube RJI. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari sabtu ini menghadirkan Bapak Sucipto S.Kom., M.Kom selaku narasumber dan Ibu Siti Mutrofin, S.Kom., M.Kom sebagai moderator.

Dilatarbelakangi oleh banyaknya pengelola jurnal yang mengalami kesulitan untuk melakukan upgrade dari OJS 2 ke OJS 3, maka RJI mengangkat tema Migrasi dan Custom OJS 3.

Diawal acara, Ibu Siti Mutrofin mengajak kepada seluruh peserta untuk dapat berdoa secara Bersama-sama agar musibah pandemic Covid-19 ini segera berakhir. Selanjutnya, Bapak Sucipto mengawali materinya dengan menyampaikan materi Upgrade OJS mengenai persiapan dan metodenya.

Untuk persiapan upgrade, pengelola jurnal harus melakukan Langkah berikut; Back up data, unduh ojs terbaru 3.2.0-1, XAMMP PHP versi minimal 7.2 serta memastikan server/Hosting support php 7.2 dan tdang mengganggu sistem informasi/aplikasi lainnya

Selanjutnya pada metode upgrade, narasumber menyampaikan bahwa ada dua metode yang dapat dilakukan, pertama melalui browser dan yang kedua melalui metode Text (CMD atau terminal).

Pada materi Basic Custom OJS 3, untuk menghindari kesalahan pemateri menyampaikan pentingnya persiapan custom. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah back up folder “plugins”, mengunduh Plugins OJS 3.2.0-1, mengekstrak file plugin baru serta mencari sumber kode warna.

Setelah semua siap, pengelola jurnal dapat melakukan basic custom dengan menambahkan script css pada menu website. Selanjutnya, pemateri menyampaikan juga bagaimana membuat header, footer serta background pada OJS 3.

Selain tidak lupa untuk foto Bersama, diakhir kesempatan moderator menyampaikan bahwa materi kegiatan dapat di unduh pada https://forum.relawanjurnal.id/ dan mengikuti sosial media milik Relawan Jurnal Indonesia agar tidak ketinggalan informasi mengenai dunia perjurnalan.

Belajar OJS Seri 11, RJI Bahas Migrasi dan Custom OJS 3

Post navigation